Pelatihan Administrasi & LDKM Mahasiswa Teknik Sipil oleh HMTS UNIMUDA Sorong

Pelatihan Administrasi & LDKM Mahasiswa Teknik Sipil oleh HMTS UNIMUDA Sorong

Teknik Sipil UNIMUDA Sorong | Pelatihan Administrasi & Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKM) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UNIMUDA Sorong yang mengangkat tema “Berkembang dan Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan bersama HMTS”.

Kegiatan dilaksanakan Senin, 21 November 2022 bertempat di Ruang Auditorium UNIMUDA Sorong. Peserta kegiatan yaitu semua Mahasiswa Teknik Sipil ter-khususkan kepada Mahasiswa/i Teknik Sipil angkatan 2021 & 2022. Dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Himpunan, Annisa Dewi Fitriani selaku Ketua Himpunan mengatakan “Kegiatan Administrasi & LDKM ini merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UNIMUDA pada periode 2021/2022 yang bertujuan agar semua Mahasiswa Teknik Sipil dapat menambah ilmu dan wawasan terkait administrasi persuratan terkhususnya terkait surat-menyurat serta birokrasi administrasi di lingkup Kampus UNIMUDA Sorong, dan juga menciptakan calon-calon pemimpin HMTS kedepannya yang berintegritas dan berintelektual”.  

Kegiatan pun dihadiri oleh Perwakilan dari Lemawa UNIMUDA Sorong, Bapak Yoga Andriyan, M.I.P. dan Sekretaris Program Studi Teknik Sipil, Bapak Andi Rahmat, S.T.M.Eng. Dalam sambutannya, Pak Andi Rahmat mengatakan “harapan saya semoga tujuan kegiatan ini dapat tercapai dengan baik dan dapat diaplikasikan serta bermanfaat untuk kedepannya, terutama kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan atau LDKM, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan pemimpin – pemimpin yang bisa berpartisipasi dalam semua kegiatan HMTS dalam skala regional maupun nasional di semua kegiatan yang mengharumkan nama Kampus UNIMUDA Sorong”.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Bapak Yoga Andriyan, M.I.P. selaku perwakilan dari Lemawa UNIMUDA Sorong, beliau mengatakan “Poin penting yang menjadi menarik agar dikemudian hari dapat dijadikan contoh bagi Himpunan – Himpunan lain di lingkup Kampus UNIMUDA Sorong yaitu Pelatihan Administrasi. HMTS UNIMUDA Sorong berhasil menjadi pioneer terkait Pelatihan Administrasi dengan khusus yaitu tentang Surat – Menyurat,dikarenakan acap kali di acuhkan yaitu mengenai Surat – Menyurat yang dimasukkan ke Pimpinan Kampus seringkali terdapat banyak kesalahan. Semoga dengan adanya Pelatihan Administrasi ini, dapat dikembangkan dan dipraktekkan agar tidak terjadi kesalahan – kesalahan yang berulangkali kerap dilakukan. Harapan saya kedepannya, jadilah pemimpin versi kalian bukan versi orang lain. Dengan kebiasaan, yaitu yang dirasakan dan yang dipikirkan, pikiran akan menjadi ucapan, ucapan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan lama lama akan menjadi karakter. Agar kalian dapat menjadi pemimpin yang memiliki karakter tersendiri, dan tidak akan mudah dijatuhkan oleh karakter-karakter lain”.

Pemateri pertama mengenai Administrasi dibawakan oleh Rabia Al-Adawiah Alhamid, S.Pd. selaku Staff Administrasi Fakultas Sains & Teknologi Tahun 2020 – 2022. Dilanjutkan ke materi kedua yaitu, Kepemimpinan dibawakan oleh Aleksius Mitan selaku Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2018, dan materi terakhir yaitu, Persidangan dibawakan oleh Alberth Daniel Anari Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2018. [mr]